Friday, January 8, 2016

Pengertian Anomali dan Contohnya

Pengertian Anomali dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
http://kbbi.web.id/anomali
Nomina (kata benda): ketidaknormalan; penyimpangan dari normal; kelainan;
Linguistik: penyimpangan atau kelainan, dipandang dari sudut konvensi gramatikal atau semantis suatu bahasa;
Teknik: penyimpangan dari keseragaman sifat fisik, sering menjadi perhatian ekplorasi (misalnya anomali waktu-lintas, anomali magnetik)

Pengertian Anomali Menurut Para Ahli
Pengertian anomali adalah suatu keganjilan, keanehan atau penyimpangan dari keadaan biasa/normal yang berbeda dari kondisi umum dalam suatu lingkungan
Anomali secara umum mengandung dua dimensi, yaitu dimensi fisik dan dimensi perilaku. Dari dimensi fisik anomali digambarkan sebagai suatu penyimpangan satu bagian atau bahkan seluruh tubuh tubuh manusia.

Sementara dari dimensi perilaku anomali banyak diadaptasi dalam ilmu sosiologi,  psikologi, dan ekonomi. Dalam bidang ini, pengertian anomali adalah suatu penyimpangan secara individu maupun sosial (C.P. Chaplin, 1989). Sebagai contoh dalam bidang ekonomi, anomali dilihat pada penyimpangan keadaan harga dari harga yang seharusnya berlaku.
Namun konsep anomali umum ini mengandung kelemahan yaitu kurang punya kekuatan untuk bisa melakukan suatu perubahan ketika kondisi mayoritas tersebut dihadapkan kepada norma, yaitu ketentuan hukum, aturan maupun toleransi sosial yang berlaku.

Misalnya dalam bidang politik. Dapat diambil contoh dalam lingkungan dimana aktivitas korupsi telah menjadi sesuatu hal yang biasa, justru orang yang tidak melakukan perbuatan korup ini yang akan dianggap sebagai anomali.
Dengan demikian anomali tidak lagi sekedar penyimpangan dari yang biasa/umum atau kondisi mayoritas, tapi secara lebih luas meliputi penyimpangan dari norma yang seharusnya, sesuai aturan ketentuan, hukum maupun toleransi sosial dan kaitannya dengan kedudukan dan peran seseorang dalam suatu lingkungan.

Dengan demikian, istilah anomali secara norma ini dapat dipakai untuk menunjukkan perilaku pejabat pemerintahan yang menyimpang dari fungsi-fungsi pemerintahan, ataupun wakil rakyat (anggota legislatif) yang menyimpang dari norma kelembagaan legislatif sebagaimana tertuang dalam ketentuan toleransi sosial, aturan, maupun hukum baik yang bersifat universal maupun yang spesifik legal Indonesia.

Selain secara umum dan norma, anomali juga digunakan dalam bidang yang spesifik atau khusus, yaitu secara linguistic ( ilmu bahasa ) dan teknis.
Sementara secara teknis, anomali berarti penyimpangan dari keseragaman bentuk dan sifat fisik serta seringkali menjadi perhatian untuk diekplorasi. Misalnya; anomali waktu-lintas, anomali magnetik

Pengertian anomali dan contoh lainnya
Pengertian anomali air adalah ketidakteraturan air dalam proses menyusut dan memuai, yaitu jika air dipanaskan sampai diatas suhu 4 derajat Celcius maka air akan memuai, tetapi air justru menyusut jika di panaskan diantara 0⁰ C s/d 4⁰ C

Pengertian anomali database / pengertian anomali data adalah data-data yang menyimpang yang tidak diharapkan yang timbul dari proses-proses tertentu. Supaya normal, perlu dilakukan normalisasi data.

Pengertian anomali cuaca adalah kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normalnya secara rata-rata. Pendek kata, arti anomali cuaca adalah fenomena cuaca yang tidak seperti biasanya. Contoh anomali cuaca : badai salju yang menghantam Amerika Selatan.
Pengertian anomali pasar adalah suatu fenomena di pasar yang terdapat hal-hal yang tidak seharusnya atau terdapat suatu keadaan yang tidak biasa / menyimpang dari hipotesis pasar yang efisien. Contoh anomali pasar menurut Levy (1996) adalah sebagai berikut :
Firm Anomalies (Anomali Perusahaan)
Seasonal Anomalies (Anomali Musiman)
Event Anomalies (Anomali Peristiwa atau Kejadian)
Accounting Anomalies (Anomali Akuntansi)
....
Pengertian Anomali Dari Wikipedia
Anomali adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya. Anomali juga sering di sebut sebagai suatu kejadian yang tidak bisa diperkirakan sehingga sesuatu yang terjadi akan berubah-ubah dari kejadian biasanya

alt

No comments:

Post a Comment