Sunday, January 10, 2016

Anomali Berita Harian Analisa: Minyak kelapa Cegah Kanker dan Diabetes

Oleh: Grace Vanita Octavia Simanjuntak

Kanker dan diabetes me­ru­pa­kan penyakit yang menye­bab­kan ke­matian. Be­tapa menakutkankan pe­nya­kit ini jika tidak dicegah se­dini mungkin. Jika penyakit tersebut sudah ada di dalam tubuh kita maka akan lebih sulit untuk mengobatinya. Un­tuk itu, kita memerlukan pence­ga­han yang bersifat alami, aman dan tak menye­babkan efek samping.

Semakin berkem­bang il­mu pe­ngetahuan, ba­nyak se­kali jenis obat pen­ce­gahan yang menyebabkan ke­ter­gan­tungan atau terka­dang me­nim­­bulkan alergi bagi bebe­rapa orang. Namun, ada cara alami dan ampuh untuk men­cegah penyakit tersebut, sa­lah satunya penggunaan mi­nyak kelapa.

Seperti halnya kanker, sel-sel kan­ker akan semakin aktif jika se­seorang sudah men­deritanya, sehingga akan menurunkan sistem imunitas tubuh pasien tersebut. Untuk itu cara yang te­pat mengen­dalikan sel-sel kanker ter­se­but adalah mencegah sel sel kanker tersebut semakin aktif dengan minyak kelapa.

Mi­nyak kelapa yang dikonsumsi secara teratur akan me­ning­katkan kekebalan tubuh.

Menurut Dr. Robert L. Wickre­masinghe, Kepala Di­visi Serologi di Medical Research, Sri Lanka, mi­nyak ke­lapa tidak hanya memung­kinkan sel darah putih ber­fungsi le­bih efisien dalam melawan kanker, tetapi juga berperan aktif membunuh sel-sel kanker. Dengan demi­kian, minyak kelapa juga me­miliki sifat antikarsino­ge­nik.

Selain kanker, minyak ke­lapa juga ampuh mencegah penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu pe­nya­­kit degeneratif. Selain mema­tikan juga menyebakan kom­plikasi berbagai penyakit pa­da organ tubuh, se­perti pe­nyakit ginjal, jantung, te­kan­an darah tinggi, dan stroke. Wa­laupun ini penyakit turun­an, se­se­orang tidak perlu ta­kut karena segala se­suatu tidak akan terlambat jika di­cegah dengan cara yang te­pat, yaitu dengan minyak kelapa.

Pada kasus diabetes, ma­kanan yang di­ubah menjadi glukosa akan disa­lur­kan ke sel-sel tubuh. Namun, hor­mon insulin yang disekresi oleh ke­lenjar pan­kreas yang bertugas menyalurkan gluko­sa tersebut tidak berfungsi de­ngan baik. Sehingga sel-sel tersebut akan mati dan de­generasi organ.

Namun, dengan minyak ke­lapa akan aman dikonsum­si bagi pen­derita diabetes maupun tidak, karena lemak dari minyak kelapa tersebut akan mengatur kadar gula darah dan memperbaiki sis­tem kerja pankreas yang me­masok insulin dalam tubuh. Dengan berfungsinya kerja hormon insulin, maka gula yang berada da­lam tubuh kita akan diubah men­jadi energi sehingga metabo­lisme tubuh bekerja dengan baik dan mem­bakar lebih banyak ka­lo­ri.

Inilah mengapa minyak kelapa baik dikonsumsi. Sis­tem kerja mi­nyak kelapa bagi tubuh memberikan dam­pak positif bagi kesehatan. Mi­nyak kelapa memiliki kadar asam le­mak tidak jenuh gan­da sehingga pro­ses metabo­lisme lebih cepat meng­­ha­sil­kan energi.

Sedangkan mi­nyak na­bati lain seperti mi­nyak ja­gung, mi­nyak kede­lai, dan lain-lain lebih su­lit diproses dalam tubuh ka­rena me­mi­liki ukuran molekul yang besar-besar.

Oleh karena itu, proses pe­meca­han molekul ini tidak hanya meng­ha­silkan energi namun kolestrol dan tim­bun­an lemak. Kolestrol dan tim­bu­nan lemak inilah yang me­nyebab­kan faktor resiko pe­nyakit kardio­vas­kuler, se­per­ti jantung, stroke, hi­per­tensi, dan lain-lain.  Untuk itu jagalah kesehat­an, dan co­balah meng­kon­sum­si minyak ke­lapa yang memiliki banyak fungsi ba­gi tubuh.
(Penulis adalah mahasis­wa Unimed, Pendidikan Ki­mia).
 sumber: http://harian.analisadaily.com/kesehatan/news/minyak-kelapa-cegah-kanker-dan-diabetes/257994/2016/08/22

MARI BANDINGKAN TULISAN DIATAS, YANG DITULIS OLEH ORANG YANG BERPENDIDIKAN TINGGI DENGAN TULISAN Anomali Berita Harian Analisa: Minyak Kelapa Lebih Buruk daripada Mentega YANG DARI GAYA TULISANNYA MUNGKIN SAJA DITULIS OLEH WARTAWAN YANG BIASANYA MELIPUT KECELAKAAN LALULINTAS.

alt

No comments:

Post a Comment